Entri Populer

Rabu, 24 Oktober 2012

KEPEMIMPINAN

KEPEMIMPINAN  merupakan kekuasaan/kemampuan  mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengaruhi tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki  kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang di inginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Sedangkan PEMIMPIN adalah  orang yang bertugas memimpin dengan tujuan dapat mencapai tujuan apa yang di inginkan.

KEPEMIMPINAN itu sendiri mempunyai teori-teori :

1.      Teori Menurut Timbulnya

              Diantara berbagai yang menjelaskan sebab-sebab timbulnya kepemimpinan terdapat tiga teori yang menonjol, yaitu :

a.        Teori Keturunan (Heriditary Theory)à Dikatakan keturunan karena seseorang menjadi pemimpin karena memiliki bakat          yang di miliki sejak lahir bahkan sejak dari kandungan, dan seorang pemimpin lahir karena ditakdirkan.

b.       Teori Kejiwaan (Psychological Theory)à Seseorang dapat menjadi seorang pemimpin karena melalui proses pendidikan dan pengalaman yang cukup.

c.       Teori Lingkungan (Ecological Theory) à Seseorang memiliki jiwa pemimpin dari bakat, kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur, selain itu juga berpengalaman. Teori ini timbul sebagai reaksi terhadap teori genetis(keturunan) dan teori sosial(kejiwaan).

 

2.      Teori Menurut Sifatnya

Di tinjau dari segi sejarah, pemimpin atau kepemimpinan lahir sejak nenek moyang, sejak terjadinya hubungan kerjasama atau usaha bersama antara manusia yang satu dengan dengan manusia yang lain untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Jadi kepemimpinan lahir bersama – sama timbulnya peradaban manusia.

 

3.      Teori Menurut  Cirinya

Teori ini menyatakan bahwa efektifitas kepemimpinan tergantung pada karakter pemimpinnya. sifat-sifat yang dimiliki antara lain kepribadian,keunggulan fisik, dan kemampuan sisoal.

Menurut Judith R. Gordon, kemampuan yang harus dimiliki seseorang adalah:

-     Kemampuan  Intelektual,

-     Kematangan Pribadi,

-     Pendidikian,

-     Status Sosial Ekonomi,

-     Human  Relation, 

-     Motivasi Intrinsik,

-     Dorongan untuk maju.

 

4.      Teori Menurut Tingkah Laku

Dengan memusatkan pada ciri-ciri dan gaya yang dimiliki oleh setiap pemimpin yang bersangkutan, mereka yakin akan berhasil dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya. Sehingga gaya dan ciri-ciri tersebut akan menimbulkan berbagai tipe.

a. Tipe Otoriter                                    c.  Tipe Militeristis                              e. Tipe Karismatis

b. Tipe Demokratis                              d.  Tipe  Paternalistik

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar